Ninja Saga adalah ninja yang cukup terkenal, lebih-lebih setelah munculnya serial Naruto. Nama ninja Saga malah dijadikan nama sebuah game di Facebook. Itu sebuah isyarat bahwa ninja Saga cukup diperhitungkan. Kali ini aku ingin mencoba menelusuri sebuah kampung ninja di Saga. Namanya Hizen Yume Kaido.
13160971321925277052

Hizen Yume Kaido artinya jalan impian Hizen (Hizen adalah nama lama dari Saga). Ini adalah sebuah kampung yang dikenal sebagai kampung ninja Saga. Tempatnya terletak di daerah Ureshino, sekitar 30km dari kota Saga atau 70km dari Nagasaki. Tempat ini bisa dicapai dengan kereta api menuju stasiun Takeo-onsen, lalu dilanjutkan dengan naik bus sampai kota Ureshino. Dari kota ureshino bisa naik taksi atau jalan kaki. Jangan khawatir, banyak tanda petunjuk yang membantu untuk tidak tersesat. Letaknya memang cukup tinggi, sehingga dari sini kita bisa melihat kota Ureshino.
13160929471278361787
Masuk pintu gerbang kita akan disambut ninja penerima tamu. Mereka ramah dan siap menjelaskan apapun yang kita ingin ketahui. Tiket masuknya 1000 yen untuk dewasa dan 500 yen untuk anak-anak. Di sini terdapat banyak permainan dan pertunjukan yang menarik seperti melempar senjata-senjata ninja, nonton pertunjukan aksi ninja, menggambar keramik, dan berbagai permainan lainnya. Untuk setiap permainan dikenakan biaya 500yen. Kalau kita berniat mencoba banyak permainan sebaiknya mengunakan tiket sistem paket. harganya 2500yen untuk dewasa dan 1800yen untuk anak-anak.
1316093023767156927
Setelah pintu gerbang, kita bisa melihat tempat para ninja ini latihan. Di sini ada seorang master ninja. Waktu kami datang, dia menunjukkan beberapa kebolehan yang menakjubkan seperti bermain dengan tongkat dan katana. Permainan tongkat ini, dia memegang dua tongkat dan dengan dua tongkat ini dia bisa bermain tongkat-tongkat yang lain seperti membuat baling-baling dan rangkaian tongkat. Belum lagi permainan katana yang sangat tajam. Dia mampu mengendalikan katana ini dengan sangat baik.
1316093173985087730Berikutnya adalah tempat permainan ninja yang berupa taman. Di sini banyak tempat untuk naik-naik dan mencoba keberanian. Anak-anak akan betah di sini. Aku mencoba naik dengan tambang dan naik rumah kayu. Naik rumah kayu ini awalnya takut karena memang cukup tinggi, tetapi ini benar-benar mengasyikkan.
13160932731513531383Menyusuri kampung ninja seakan-akan menyusuri masa lalu. Kampung jaman Edo yang biasa kita saksikan dalam film-film samurai dan ninja. Wah, serasa main di filmnya deh. Bagi yang ingin mencoba beberapa permainan seperti mencoba senjata-senjata seperti lempengan bintang, panah dan katana, silahkan mampir ke stan-stan permainan. Sayangnya karena itu berbayar, aku tidak mencoba, hanya memegangi senjata-senjata itu sambil bertanya tentang informasi setiap senjata ninja kepada yang menjaga stan. Ada juga stan untuk menggambar di keramik, karena Ureshino adalah tempat yang terkenal keramiknya di Saga setelah Arita.
13160933501835716004Puncaknya adalah di rumah pertunjukan ninja. Di sini kita bisa menyaksikan aksi para ninja. Untuk masuk ke tempat ini kita harus membayar 500yen. Itupun harus antri. Karena memang jadwal pertunjukkannya hanya sekali sehari, atau dua kali sehari untuk hari-hari khusus. Bagi yang sudah menggunakan tiket sistem paket ya tidak harus membayar lagi.
Tempat pertunjukannya berupa sebuah ruangan seperti theater dengan panggung bertingkat. Di panggung ini terdapat beberapa pintu rahasia tempat para ninja itu muncul. Bisa juga tiba-tiba ninja muncul dari belakang. Mereka beraksi melakukan pertarungan dengan katana, menghilang dan muncul di balik pintu rahasia, melakukan sulap menghilang dengan kain dan masih banyak aksi yang lainnya. Seperti melihat film ninja tetapi nyata.
Setelah pertunjukan mereka menyembunyikan lima shiruken, senjata yang seperti bintang. Lalu para penonton dipersilahkan untuk mencari ke lima shiruken itu. Namanya penonton, termasuk anak-anak, disuruh mencari-cari kesana-kemari, tentu heboh. Yang mendapatkan senjata itu, akan mendapatkan hadiah. Sementara yang lain sibuk mencari-cari, aku malah mengajak ninja-ninja itu untuk photo bersama.
13160935691375873654Selesai pertunjukkan kami kembali menyusuri kampung ninja. Ada beberapa rumah yang terbuka untuk umum. Di dalamnya kita bisa menyaksikan interior rumah di jaman Edo. Kami masuk ke beberapa ruangan untuk merasakan suasana jaman samurai dan ninja. Tentu saja sambil duduk-duduk sejenak dan ngobrol ngalor ngidul tentang ninja.
13160941221362302345Banyak sekali situs yang tersedia di Hizen Yume Kaido untuk merasakan suasana kampung ninja di Saga. Bagi yang suka souvenir, ada toko souvenir di dekat pintu keluar. Bahkan ada souvenir gratis di pintu keluar asalkan kita bisa menjawab beberapa pertanyaan ninja penjaga gerbang. Aku selalu mendapatkan souvenir ini karena para ninja itu tahu aku orang asing.  Dan tidak lupa photo bareng ninja yang sangat “kawai” (imut-imut).
13160944381957352601
Akhir kata, bila main ke Saga, tidak lengkap rasanya bila tidak singgah di kampung ninja Saga, Hizen Yume Kaido. Siapa tahu bisa bertemu dengan kawan-kawannya Naruto disana.

Posting Komentar

Copyright © Al Cokrek / Template by : Akatsuki